Sabtu, 06 Oktober 2012

Arti sebuah Cinta, Kasih, dan Ketulusan

Kali ini penulis ingin memberikan uraian tentang sebuah arti cinta , kasih , ketulusan sedikit sajalah karena yang saya tuliskan disini hanyalah meurut pandangan dan pendapat pribadi saya sendiri. 

Cinta 
Setiap orang pasti selalu pernah merasakan yang namanya dicintai maupun mencintai dan itu tentunya untuk orang-orang yang selalu ada untuk dirinya bisa dari orang tua , saudara maupun seseorang yang telah bisa menaklukkan hatinya. Rasa cinta itu bisa muncul dari siapa saja dan untuk siapa saja tanpa disadari ataupun mungkin tidak direncanakan sebelumnya tanpa memandang bulu ataupun latar belakang. Cinta jika bisa saja tumbuh dari suatu kebiasaan misalnya dari persahabatan yang terjalin dengan baik , terkadang perasaan cinta juga bisa tumbuh dari permusuhan yang kemudian bisa menumbuhkan benih-benih cinta yang kemudian sulit untuk dipisahkan atau bisa saja jika bisa terpisahkan oleh sesuatu hal akan sulit untuk melupakan kenangan-kenangan yang ada diwaktu-waktu yang tlah berlalu. Secara global orang cenderung lebih suka untuk dicintai dari pada mencintai karena untuk mencintai seseorang itu tidaklah mudah dilakukan untuk seseorang yang mungkin sebelumnya memang tidak ia cintai tetapi jika seseorang didasari dengan suatu niat dengan tulus maka dia akan bisa belajar untuk mencintainya. Dizaman yang seperti ini baik dari kalangan anak-anak muda maupun dewasa banyak sekali yang tidak bisa menyikapi tentang arti cinta secara dewasa karena mereka cenderung mengaitkan dengan nafsu sehingga mereka tidak memahami arti dari cinta yang suci , sehingga banyak sekali anak-anak muda yang tidak bisa membedakan antara cinta degan nafsu, dan dalam kenyataan banyak sekali orang yang hidupnya menjadi hancur karena kelilangan kesuciannya pada saat menjali8n suatu hubungtan dengan orang yang dicintainya tersebut. Dengan sebuah kata-kata dan rayuan-rayuan cinta tertentu seseorang akan bisa saja melakukan hal-hal apa saja yang seharusnya tidak boleh ia lakukan tetapi malah ia lakukan karena jika tidak ia dianggap tidak mencintai pasangannya. Dengan begitu seseorang akan lupa akan norma-norma dan nilai-nilai luhur yang ada. Dan itu merupakan bukti dari seseorang yang tidak bisa menyikapi makna sebuah cinta dengan pemikiran yang dewasa. Padahal pada hakekatnya jika seseorang ingin bisa belajar mencintai seseorang mereka harus bisa saling melindungi dan menjaga kemurnian satu sama lain bukan malah merusaknya. Jika hal-hal itu terjadi yang ada hanyalah penyesalan , apalagi kalau seseorang yang telah merusaknya meninggalkannya dan mencari cinta ynag lain itu akan menyisakan bekas luka yang mendalam . Oleh karena itu ‘’ janganlah bermain api ‘’ sebelum ada hitam diatas putih jika hidupmu tidak inggin hancur, karena hancur tidaknya seseorang tergantung pada pribadi orang tersebut, kedewasaan orang tersebut dan yang pastinya ketepatannya dalam mengontrol diri.

Kasih 
Kasih itu lemah lembut , kasih itu murah hati, kasih itu sabar kasih itu memaafkan, kasih itu tidak cemburu . Itu merupakan arti sebuah kasih seperti yang tlah kita ketahui . Dalam kehidupan sehari-hari kita seharusnya bisa membagikan kasih pada setiap orang yang kita jimpai baik dengan sesame kita , orang tua kita maupun dengan orang lain . Dengan sebuah senyuman pun kita juga bisa memberikan sebuah ungkapan kasih karena senyuman yang berasal dari hati akan mendamaikan hati orang lain yang ada disekitar kita, sehingga kasih itu bisa memberikan warna tersendiri . Tanpa kasih, seseorang akan merasakan hampa dalam hidupnya dan dia mungkin akan merasa tertekan jika dia tidak mendapatkan suatu kasih sayangg dari sseseorang yang ia dambakan . Maka dari itu kasihilah sesamamu melebihi dirimu sendiri dan rasa keegoisan akan memudarkan semangat kasih .

Ketulusan 
Perasaan cinta yang tidak didasari dengan ketulusan tak ada artinya , kareana cinta yang tulus tidak menginginkan balasan tetapi dengan iklas dan tulus memberikan yang terbaik dari dirinya untuk seseorang yang dicintainya , walaupun orang yang dicintainya tak pernah bisa menyadari betapa tulusnya cintamu dan selalu bertahan ketika seseorang yang kamu cintai telah menyakitimu. Maka percayalah dan bersabarlah menunggu agar dirinya bisa berubah dan menyadari segala sesuatu yang telah ia lakukan kepadamu karena suatu saat nanti ia akan berubah s’perti yang kamu ingginkan walaupun kau tak mungkin tuk bersamanya lagi. Dan biarlah bukti ketulusanmu menjadi saksi betapa besar cintamu untuknya.

Sekian …. tQ 4 yOu ..
by: Maria Hapti Karunika

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar